Jurnal Ilmiah Keperawatan Interprofessional education (IPE)

Yuniyanti, Tri Ayu and Irwan, Andi Masyita (2022) Jurnal Ilmiah Keperawatan Interprofessional education (IPE). Jurnal Ilmiah Keperawatan Interprofessional education (IPE). ISSN p-ISSN 2477-4391, e-ISSN 2528-3022

[thumbnail of Jurnal Ilmiah Keperawatan] Text (Jurnal Ilmiah Keperawatan)
Tri Ayu Yuniyanti_peer review_compressed - Tri Ayu Yuniyanti.pdf - Published Version

Download (580kB)

Abstract

Pendahuluan : Interprofessional education (IPE) menekankan pentingnya praktik kolaborasi yang dapat dicapai melalui kerja tim yang baik antar dua atau lebih profesi kesehatan. Systematic review ini bertujuan untuk mengekplorasi lebih mendalam tentang model-model pembelajaran IPE. Metode: pencarian dilakukan menggunakan electronic data base dari jurnal yang telah dipublikasin melalui PubMed, Science Direct dan Wiley. Hasil: berdasarkan hasil review dari 12 jurnal yang dipilih maka model pembelajaran IPE yang digunakan antara lain : exchange-based (n = 6); action-based (n = 5); simulation-based (n=4); dan practice-based (n=2). Kesimpulan: berbagai model pembelajaran IPE dapat digunakan sesuai outcome yang ingin dicapai. Saran : Secara keseluruhan IPE memiliki dampak positif terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang peran dan tanggung jawab interprofesional, komunikasi, tim dan kerja tim.
Kata Kunci: aplikasi; model pembelajaran; pendidikan interprofesional

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email admin@poltekkes-maluku.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2023 00:09
Last Modified: 08 Mar 2023 00:09
URI: http://repo.poltekkes-maluku.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item
View Item