Yuniyanti, Tri Ayu and Irwan, Andi Masyita (2022) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN INTERPROFESSIONAL: TINJAUAN SISTEMATIKLearning Model for Interprofessional Education: A Systematic Review. MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN INTERPROFESSIONAL: TINJAUAN SISTEMATIKLearning Model for Interprofessional Education: A Systematic Review. ISSN 2477-4391 (p) 2528-3022 (e)
920-Article Text-4408-1-10-20220227 - Tri Ayu Yuniyanti.pdf - Published Version
Download (149kB)
Abstract
Pendahuluan:Interprofessional education(IPE) menekankan pentingnya praktik kolaborasi yang dapat dicapai melalui kerja tim yang baik antar dua atau lebih profesi kesehatan. Systematic reviewini bertujuan untuk mengekplorasi lebih mendalam tentang model-model pembelajaran IPE. Metode:pencarian dilakukan menggunakan electronic data basedari jurnal yang telah dipublikasin melalui PubMed, Science Direct dan Wiley. Hasil: berdasarkan hasil review dari 12 jurnal yang dipilih maka model pembelajaran IPE yang digunakan antara lain : exchange-based (n = 6); action-based (n = 5); simulation-based (n=4); dan practice-based (n=2). Kesimpulan:berbagai model pembelajaran IPE dapat digunakan sesuai outcomeyang ingin dicapai. Saran : Secara keseluruhan IPE memiliki dampak positif terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang peran dan tanggung jawab interprofesional, komunikasi, tim dan kerja tim.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@poltekkes-maluku.ac.id |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 01:46 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 01:46 |
URI: | http://repo.poltekkes-maluku.ac.id/id/eprint/147 |